Ellysabeth Wahyu Hastuti, S.Pd

Wakil Kepala Bidang Kurikulum

KURIKULUM

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, ada dua dimensi kurikulum, yang pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, sedangkan yang kedua adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Kurikulum 2013 yang diberlakukan mulai tahun ajaran 2013/2014 memenuhi kedua dimensi tersebut.

Program Kurikulum

Kami selalu melakukan peningkatan di Bidang Kurikulum lewat program – program yang menyesuaikan dengan perkembangan dunia pendidikan saat ini.

Kami mengadakan kerjasama dengan pengembang di bidang pendidikan seperti Sokrates untuk mendampingi pelatihan dalam hal penggunaan teknologi pembelajaran.

Blended learning adalah sebuah kemudahan pembelajaran yang menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pengajaran, dan gaya pembelajaran, memperkenalkan berbagai pilihan media dialog antara fasilitator dengan orang yang mendapat pengajaran. Blended learning juga sebagai sebuah kombinasi pengajaran langsung (face-to-face) dan pengajaran online, tapi lebih daripada itu sebagai elemen dari interaksi sosial.

G Suite for Education kini menjadi Google Workspace for Education Fundamentals — rangkaian alat gratis yang mudah digunakan yang memberikan dasar yang fleksibel dan aman untuk pembelajaran, kolaborasi, dan komunikasi.

Pendidikan kecakapan hidup dapat dilakukan melalui kegiatan intra maupun ekstra kurikuler untuk pengembangan potensi peserta didik sesuai dengan karakteristik peserta didik dalam pengembangan dirinya. Materi kecakapan hidup terintegrasi dengan berbagai mata pelajaran.

Sebagaimana digagas pemerintah provinsi Jawa timur, khususnya Dinas Pendidikan,

kecakapan hidup untuk SMA Katolik Frateran Malang terintegrasi dalam program Double track. Program tersebut diperuntukkan bagi peserta didik yang siap bekerja, yang meliputi :

1. Perhotelan  

2. Desain Komunikasi Visual 

3. Otomotif (khusus sepeda motor)