Pengimbasan Kurikulum Merdeka

Topik Pertama Tentang Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka di laksanakan berdasarkan latar belakang bahwa pada masa pendemi terjadi krisis pembelajaran yang dialami siswa dan sebagai upaya untuk memulihkan pembelajaran yang ideal dan membangun pola pikir yang positif terhadap masalah yang muncul, maka perlu adanya sebuah terobosan di dunia Pendidikan salah satunya dengan di buatnya Kurikulum Merdeka Belajar.

Karakteristik dalam Kurikulum Merdeka Belajar meliputi :

  1. Pendidikan karakter.
  2. Materi esensial ( mendalam ).
  3. Guru berdeferensial.
  4.  

Kebijakan yang diambil oleh sekolah dalam menghadapi kondisi pandemi yaitu dengan menerapkan :

  1. Kurikulum 2013.

Pada awal sebelum pandemi pihak sekolah menggunakan kurikulum 2013 sebagai pedoman pembelajaran.

  1. Kurikulum darurat.

Pada saat pandemic covid 2019 , pihak sekolah kemudian menerapkan kurikulum darurat sesuai arahan dari pemerintah. Selain itu kurikulum darurat juga menjadi solusi dalam learning loss / obstacle.

  1. Kurikulum Merdeka.

Pasca pandemic banyak perubahan terjadi di dunia Pendidikan salah satunya Kurikulum Merdeka yang telah di sosialisasikan oleh pemerintah untuk menjawab berbagai persoalan dalam dunia Pendidikan. Perkembangan yang cukup cepat tersebut membuat Yayasan Mardiwiyata memberikan arahan untuk segera menggunakan kurikulum tersebut sekaligus menjadi road map untuk sekolah sekolah dibawah naungan Yayasan Mardiwiyata.

Kurikulum merdeka memiliki beberapa keunggulan yaitu :

  1. Sederhana.
  2. Flexible.
  3. Mudah diimplementasikan.

Kurikulum Merdeka terdiri dari beberapa tahapan yaitu :

  1. Mandiri belajar dimana kurikulum ini masih dapat menggunakan kurikulum 2013 akan tetapi sudah mengarah pada kurikulum merdeka pada penerapannya.
  2. Mandiri berubah merupakan kurikulum yang sudah di siapkan oleh pemerintah, sehingga bagi sekolah – sekolah yang akan menggunakannya wajib mengikuti Langkah Langkah yang sudah disiapkan pemerintah.
  3. Mandiri berbagi merupakan kurikulum yang sudah mandiri atau bagi sekolah yang akan menggunakannya diharuskan merancang sendiri persiapan hingga proses pembelajaran tetapi masih mengacu pada panduan kurikulum merdeka dari pemerintah.

Topik Kedua Tentang Pengembangan Silabus

Dasar yang digunakan adalah Kemenristek 56/N/2022 yang mengacu pada struktur, beban kerja serta linieritas.

Strutur yang dimaksud disini terdiri dari :

  1. Intrakurikuler.
  2. Proyek profil pelajar Pancasila meliputi : dimensi dan elemen.
  3. Capaian pemebelajaran. kemenristek 8 / 2022.
  4. Proyek penguatan profil acuan standar lulusan. Kemenristek 9 / 2022.
  5. 30% P5 ( pelajar Pancasila ) diambil dari jam pelajaran 1 Tahun minimal 3 proyek dimana :
    1. Mengarah pada CP – intrakurikuler.
    2. Mengarah pada P5 – kurikuler.

Pembelajaran fase

Dalam kurikulum merdeka terdapat fase dimana fase merupakan tahapan yang harus diikuti siswa untuk menyelesaikan program belajar mereka disekolah. Lingkup SMA terdiri dari 2 fase yaitu : fase E dan fase F.

  1. Fase E di dapat pada saat kelas 10. ( 36 pekan dimana 1 JP = 45 menit ).
  2. Fase F didapat pada saat kelas 11 dan 12.

Pelaksanaan kurikulum merdeka

  1. Sangat flexible ,
  2. Harus tercapai P5 ( Profil Pelajar Pancasila sesuai fase ),
  3. Tidak harus dikaitkan dengan CP ( capaian pembelajaran ).

Topik Ketiga Tentang Berdeferensiasi

Filosofi Pendidikan di Indonesia menekankan pada pembelajaran yang sesuai dengan kodrat siswa.

Sehingga pembelajaran berdeferensi merupakan solusi untuk memenuhi kebutuhan siswa yang berbeda – beda. Dimana perencanaan pada pembelajaran ini menekankan pada beberapa aspek yaitu :

  1. Lingkungan belajar yang menumbuhkan minat belajar.
  2. Tujuan pembelajaran yang jelas.
  3. Penilaian berkelanjutan.
  4. Manajemen kelas.

Strategi dalam penerapan pembelajaran berdeferensiasi meliputi :

  1. Konten ajar yang sesuai kebutuhan murid.
  2. Produk.
  3. Proses.

PEMATERI KURIKULUM MERDEKA

Markus Basuki, S.Pd, M.Pd

Kepala Sekolah

Ellyzabeth Wahyu Astuti, S.Pd

Waka Kurikulum

L. Nanik Herawati, S.Pd

Guru Bahasa Inggris

Tinggalkan Balasan